Banyak Manfaat Dibalik Kelezatan Cokelat

Banyak Manfaat Dibalik Kelezatan Cokelat

Cokelat merupakan salah satu makanan yang banyak digemari oleh berbagai kalangan. Selain rasanya yang enak, ternyata cokelat mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat cokelat :

  • Sumber energi

Kandungan energi dalam cokelat memang tinggi. Sekeping chocolate chip dapat memberi energi yang cukup untuk berjalan sejauh 46 meter.

  • Anti depresi

Kandungan triptofan dalam cokelat membantu tubuh kita menciptakan serotonin. Serotonin merupakan zat antidepresan alami yang dihasilkan oleh tubuh.

  • Tinggi antioksidan

Cokelat mengandung flavanols yaitu sejenis flavanoid yang berfungsi sebagai anti oksidan dan membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh.

  • Menurunkan tekanan darah dan kolesterol

Dari penelitian yang telah dilakukan, seseorang yang mengkonsumsi dark chocolate secara teratur dapat menurunkan kolesterol LDL sebanyak 10 persen.

  • Tinggi magnesium dan zat besi lain

Cokelat kaya akan magnesium dan zat besi lain yang sangat bermanfaat bagi tubuh, misalnya membantu dalam proses metabolisme, pencernaan, daya ingat dan dan konsentrasi serta menjaga kestabilan emosi.

  • Memperbaiki mood

Lebih dari 300 zat yang terkandung dalam cokelat bekerja positif dalam mengatur suasana hati. Sehingga cokelat merupakan salah satu makanan yang dicari orang ketika sedang sedih atau galau.

  • Meningkatkan aktivitas otak dan degup jantung

Manfaat ini dirasakan pada saat melelehnya cokelat di dalam mulut.

  • Pelawan kanker

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa cokelat merupakan salah satu makanan pelawan kanker. Dua cara bagaimana cokelat dapat melawan kanker, yang pertama adalah dengan menghambat pembelahan sel dan yang kedua adalah mengurangi peradangan.

  • Mencegah kerusakan gigi

Dari penelitian yang telah dilakukan, kandungan theobromine dalam cokelat dapat mencegah kerusakan gigi dengan menghilangkan streptokokus mutans yaitu bakteri dalam rongga mulut yang dapat menyebabkan karang gigi.

  • Membuat umur panjang dan terhindar dari penyakit

Pada suatu penelitian yang diikuti oleh 200 pria berusia di atas 20 tahun, ditemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi cokelat dalam jumlah besar, memiliki hidup yang lebih lama dan memiliki memiliki tingkat penyakit yang lebih rendah daripada pria yang mengkonsumsi sedikit cokelat atau tidak sama sekali. Hal ini disebabkan karena cokelat mengandung tinggi magnesium.

  • Membuat awet muda

Cokelat mengandung zat yang dapat memperlambat penuaan. Sehingga mengkonsumsi cokelat secara teratur dapat mengurangi keriput dan melindungi kulit agar tidak terbakar oleh sinar matahari.

  • Kesehatan otak

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa dark chocolate baik untuk kesehatan otak. Salah satu manfaat dark chocolate adalah dapat melindungi sel saraf otak dari kerusakan yang lebih lanjut pada saat terjadi serangan stroke. Selain itu, dark chocolate juga berfungsi meningkatkan memori otak manusia.

Selain yang dijelaskan diatas, cokelat juga bermanfaat sebagai sumber nutrisi dan vitamin yang penting untuk kesehatan tubuh serta membantu mengatasi sindrom pra menstruasi seperti keram perut.

Sumber : https://downloadapk.co.id/