Irfendi : Jadikan Kompetisi Ajang Menanamkan Nilai Sportivitas!

Irfendi Jadikan Kompetisi Ajang Menanamkan Nilai Sportivitas!

Bupati Lima Puluh Kota Ir. Irfendi Arbi, MP mengharapkan kegiatan perlombaan

dapat menumbuhkembangkan budaya kompetisi yang sehat di kalangan siswa. Selain itu juga menjadi ajang buat meningkatkan pengetahuan dan kreativitas serta mempertebal rasa percaya diri siswa.

            Hal itu dikatakan Bupati dalam sambutannya ketika menyerahkan tropy bagi para juara lomba sains tiga bidang study dan pentas seni festival lagu Minang tingkat SD di SMPN 1 Guguak, Sabtu (19/3).

            “Kita berharap kegiatan lomba sains dan pentas seni ini dapat meningkatkan kecerdasan

dan keterampilan siswa serta kualitas pendidikan di Kabupaten Lima Puluh Kota. Ini sesuai dengan visi misi kita yang salahsatunya memprioritaskan bidang pendidikan,” ungkap Irfendi.

            Selain itu kompetisi antar siswa ini juga diharapkan dapat membangkitkan semangat belajar serta penumbuhkembangan budaya belajar, kreatifitas dan motivasi meraih prestasi. Tak kalah pentingnya, kompetisi tersebut menjadi ajang menanamkan nilai-nilai sportivitas bagi generasi di daerah ini.

            “Dengan adanya nilai –nilai sportifitas, kita mengharapkan para siswa itu bersaing dengan cara jujur bukan dengan cara curang,” kata putera Koto Tangah Simalanggang itu.

Lebih jauh Irfendi mengingatkan agar dalam kompetisi itu para peserta lomba diharapkan bisa memahami arti menang dan kalah. Artinya mereka harus siap menang atau kalah.

“Jangan sampai kita sombong ketika menang dan patah arang sewaktu kalah,

” papar Irfendi dihadapan ratusan siswa peserta lomba tersebut.

Sebelumnya Kepala SMPN 1 Guguak Alfizal. M.Pd dalam laporannya menyebut lomba sains bidang study matematika, IPS dan IPA serta pentas seni itu diikuti oleh ratusan siswa SD se Kabupaten Lima Puluh Kota. Lomba ini merupakan kegiatan rutin Osis SMPN 1 Guguak setiap tahunnya.

“Ini merupakan kegiatan rutin Osis dalam rangka mempromosikan sekolah ini kepada kalangan murid SD yang ada di Kabupaten Lima Puluh Kota,” papar Alfizal yang akrab di sapa Ujang.

Dalam berbagai perlombaan itu Muhammad Ihsan murid SDN 06 Baruah Gunuang Kecamatan Bukik Barisan berhasil merebut juara satu lomba sain bidang study matematika.

Sedangkan bidang juara pertama bidang study IPA diambil Meysa Reskia dari SDN 01 Suliki Kecamatan Suliki dan juara satu bidang study IPS oleh Firman Hadi Irawan asal SDN 02 Jopang Manganti Kecamatan Mungka.

Sedangkan lomba pentas seni ketegori puteri direbut Namira Azalia murid SDN 02 Guguak VIII Koto Kecamatan Guguak. Begitu pula kategori putera, juga disabet muris SDN 02 Guguak VIII Koto atas nama M Syakif.***

 

Sumber :

https://www.emailmeform.com/builder/form/9a22V9x9u0kKe8aTaR